Jumat, 28 Januari 2011

SIKLUS HIDUP SISTEM

PENDAHULUAN

SIKLUS HIDUP SISTEM
Siklus hidup sistem (system life cycle ± SLC) adalah proses evolusioner yang diikuti dalam menerapkan sistem atau subsistem informasi berbasis komputer. SLC sering disebut dengan pendekatan air terjun (waterfall approach) bagi pengembangan dan penggunaan sistem. Dilakukan dengan strategi Top-Down Design.
Tahapan dari siklus hidup sistem yaitu :
1. Tahap Perencanaan
2. Tahap Analisis
3. Tahap Rancangan
4. Tahap Penerapan
5. Tahap Penggunaan



TAHAP PERENCANAAN
Keuntungan dari merencanakan proyek CBIS ( Computer bassed information system) , yaitu :
 Menentukan lingkup dari proyek
 Unit organisasi, kegiatan atau sistem manakah yang terlibat dan mana yang tidak?, Hal
 tersebut akan memberikan perkiraan awal dari skala sumber daya yang diperlukan.

 Mengenali berbagai area permasalahan potensial
 Akan menunjukkan hal-hal yang mungkin tidak berjalan dengan semestinya, sehingga hal 
 tersebut dapat dicegah.

 Mengatur urutan tugas
 Banyak tugas-tugas terpisah yang diperlukan untuk mencapai sistem. Tugas tersebut diatur 
 dalam urutan logis berdasarkan prioritas informasi dan kebutuhan agar efisien.

 Memberikan dasar untuk pengendalian
 Tingkat kinerja metode pengukuran tertentuharus dispesifikasikan sejak awal.

TAHAP ANALISIS
Ketika perencanaan selesai dan mekanisme pengendalian telah berjalan, tim proyek beralih pada analisis sistem yang telah ada. Analisis sistem adalah penelitian atas sistem yang telah ada dengan tujuan untuk merancang sistem baru atau diperbarui.
Adapun tahapannya yaitu :
1. Mengumumkan Penelitian Sistem
    Manajer khawatir terhadap penerapan aplikasi komputer baru yang mempengaruhi kerja 
    para pegawainya. Sehingga perlu dikomunikasikan kepada para pegawai tentang :
    a. alasan perusahaan melaksanakan proyek
    b. bagaimana sistem baru akan menguntungkan perusahaan dan pegawai.

2. Mengorganisasikan Tim Proyek
   Tim proyek yang akan melakukan penelitian sistem dikumpulkan. Agar proyek berhasil, 
   pemakai sangat perlu berperan aktif daripada berperan pasif. Banyak perusahaan 
   mempunyai kebijakan menjadikan pemakai sebagai pemimpin proyek dan bukannya 
   spesialis informasi.

3. Mendefinisikan Kebutuhan Informasi
   Analis mempelajari kebutuhan informasi pemakai dengan terlibat dalam berbagai kegiatan 
  pengumpulan informasi (wawancara, pemgamatan, pencarian catatan, dan survei). Dari 
  semua metode tersebut, wawancara perorangan lebih disukai, dengan alasan :
  • Menyediakan komunikasi dua arah dan pengamatan terhadap bahasa tubuh. 
  • Dapat meningkatkan antusiasme pada proyek baik dari pihak spesialis maupun pihak pemakai. 
  • Dapat menjalin kepercayaan antara pemakai dan spesialis informasi. 
  • Memberi kesempatan bagi peserta proyek untuk mengungkapan pandangan yang berbeda bahkan bertentangan.
4. Mendefinisikan Kriteria Kinerja Sistem
    Langkah selanjutnya adalah menspesifikasikan secara tepat apa yang harus dicapai oleh
    sistem, yaitu kriteria kinerja sistem. Misalkan :
  • Laporan harus disiapkan dalam bentuk salinan kertas dan tampilan computer, 
  • Laporan harus tersedia tidak lebih dari 3 hari setelah akhir bulan, 
  • Laporan harus membandingkan pendapatan dan biaya actual dengan anggarannya baik untuk bulan lalu maupun sepanjang tahun hingga sekarang (year to date).
5. Menyiapkan Usulan Rancangan
   Analis sistem memberikan kesempatan bagi manajer untuk membuat keputusan teruskan 
   atau hentikan untuk kedua kalinya. Dalam hal ini manajer harus menyetujui tahap rancangan 
   dan kungan bagi keputusan tersebut termasuk di dalam usulan rancangan.

6. Menerima atau Menolak Proyek Rancangan
    Manajer dan komite pengarah SIM mengevaluasi usulan rancangan dan menentukan apakah
  akan memberikan persetujuan atau tidak. Dalam beberapa kasus, tim mungkin diminta 
   melakukan analisis lain dan menyerahkannya kembali atau mungkin proyek ditinggalkan. Jika 
   disetujui, proyek maju ke tahap rancangan.

TAHAP PERANCANGAN
Rancangan sistem adalah penentuan proses dan data yang diperlukan oleh sistem baru. Jika sistem itu berbasis komputer, rancangan dapat menyertakan spesifikasi jenis peralatann yang akan digunakan. Langkah-langkah tahapan rancangan yaitu :
1. Menyiapkan rancangan sistem yang terinci
Analis bekerja sama dengan pemakai dan mendokumentasikan rancangan sistem baru dengan alat-alat yang dijelaskan dalam modul teknis. Beberapa alat memudahkan analis untuk menyiapkan dokumentasi secarat op - down, dimulai dengan gambaran besar dan secara bertahap mengarah lebih rinci. Pendekatant op - down ini merupakan ciri rancangan terstruktur (structured design), yaitu rancangan bergerak dari tingkat sistem ke tingkat subsistem. Alat-alat dokumentasi yang popular yaitu diagram arus data (data flow diagram), diagram hubungan entitas (entity relationship duagram), kamus data (data dictionary), flowchart, model hubungan objek, dan spesifikasi kelas.

2. Mengidentifikasi berbagai alternatif konfigurasi sistem
Analis mengidentifikasi konfigurasi ± bukan merek atau model ± peralatan komputer yang akan memberikan hasil yang terbaik bagi sistem dalam menyelesaikan pemrosesan. Identifikasi merupakan suatu proses berurutan, dimulai dengan berbagai kombinasi yang dapat menyelesaikan setiap tugas.

3. Mengevaluasi berbagai alternatif konfigurasi sistem
Analis bekerja sama dengan manajer mengevaluasi berbagai alternatif. Alternatif yang dipilih adalah yang paling memungkinkan subsistem memenuhi kriteria kinerja, dengan kendala-kendala yang ada.

4. Mimilih konfigurasi terbaik
Analis mengevaluasi semua konfigurasi subsistem dan menyesuaikan kombinasi peralatan sehingga semua subsistem menjadi satu konfigurasi tunggal. Setelah selesai, analis membuat rekomendasi kepada manajer untuk disetujui. Bila manajer menyetujui konfigurasi tersebut, persetujuan selanjutnya dilakukan oleh SC MIS.

5. Menyiapkan usulan penerapan
Analis menyiapkan usulan penerapan (implementation proposal) yang mengikhtisarkan tugas-tugas penerapan yang harus dilakukan, keuntungan yang diharapkan, dan biayanya.

6. Menyetujui atau menolak penerapan sistem
Keputusan untuk terus pada tahap penerapan sangatlah penting, karena usaha ini akan sangat meningkatkan jumlah orang yang telibat. Jika keuntungan yang diharapkan dari sistem melebihi biayanya, maka penerapan akan disetujui.


TAHAP PENERAPAN
Penerapan merupakan kegiatan memperoleh dan mengintegrasikan sumber daya fisik dan konseptual yang menghasilkan suatu sistem yang bekerja. Adapun tahapannya yaitu :
1. Merencanakan penerapan;
Manajer dan spesialis informasi harus memahami dengan baik pekerjaan yang diperlukan untuk menerapkan rancangan sistem dan untuk mengembangkan rencana penerapan yang sangat rinci.

2. Mengumumkan penerapan;
Proyek penerapan diumumkan kepada para pegawai dengan cara yang sama pada penelitian sistem. Tujuannya adalah untuk menginformasikan kepada para pegawai mengenai keputusan untuk menerapkan sistem baru dan meminta kerjasama mereka.

3. Mendapatkan sumber daya perangkat keras;
Rancangan sistem disediakan bagi para pemasok berbagai jenis perangkat keras yang terdapat pada konfigurasi sistem yang disetujui. Setiap pemasok diberikan request for proposal (RFP), yang berisi antara lain :
a. Surat yang ditransmisikan
b. Tujuan dan kendala sistem
c. Rancangan sistem didalamnya terdapat deskripsi ringkasan, kriteria kerja, konfigurasi 
    peralatan, dokumentasi sistem ringkasan, perkiraan volume transaksi, perkiraan ukuran file.
d. Jadual pemasangan .
   Selanjutnya mereka membuat usulan tertulis, bagaimana peralatan yang diusulkan akan 
   membuat sistem mencapai kriteria kinerjanya. Ketika semua usulan telah diterima dan 
   dianalisis, SC MIS memilih satu pemasok atau lebih. Spesialis informasi memberi dukungan 
   bagi keputusn tersebut dengan mempelajari usulan dan membuat rekomendasi. Setelah 
   disetujui, perusahaan melakukan pemesanan.

4. Mendapatkan sumber daya perangkat lunak;
Ketika perusahaan memutuskan untuk menciptakan sendiri perangkat lunak aplikasinya, programmer menggunakan dokumentasi yang disiapkan oleh analis sistem sebagai titik awal. Programmer dapat menyiapkan dokumentasi yang lebih rinci seperti flowchart atau bahasa semu (psedudo code) yang terstruktur, dilakukan pengkodean, dan pengujian program. Hasil akhirnya adalahsoftware library dari program aplikasi. Jika peangkat lunak aplikasi jadi (prewritten application software) dibeli, pemilihan pemasok perangkat lunak dapat mengikuti prosedur yang sama seperti yang digunakan untuk memilih pemasok perangkat keras, yaitu RFP dan Usulan.



5. Menyiapkan database;
Pengelola database (database administrator ± DBA) bertanggung jawab untuks emua kegiatan ynag berhubungan dengan data, dan mencakup persiapan database. Hal tersebut memerlukan pengumpulan data baru atau data yang telah ada perlu dibentuk kembali sehingga sesuai dengan rancangan sistem baru dan menggunakan sistem manajemen basis data (database managementsistem ± DBMS).

6. Menyiapkan fasilitas fisik;
Jika perangkat keras dan sistem baru tidak sesuai dengan fasilitas yang ada, perlu dilakukan konstruksi baru atau perombakan. Sehingga pembangunan fasilitas tersebut merupakan tugas berat dan harus dijadualkan sehingga sesuai dengan keseluruhan rencana proyek.

7. Mendidik peserta dan pemakai;
Sistem baru kemungkinan besar akan mempengaruhi banyak orang. Beberapa orang akan membuat sistem bekerja. Mereka disebut dengan peserta, yang meliputi operator entry data, pegawaic odi ng, dan pegawai administrasi lainnya. Semuanya harus dididik tentang peran mereka dalam sistem. Pendidikan harus dijadualkan jauh setelah siklus hidup dimulai, tepat sebelum bahan-bahan yang dipelajari mulai diterapkan.

8. Menyiapkan usulancutover;
Proses menghentikan penggunaan sistem lama dan memulai menggunakan sistem baru disebutc ut ov e r. Ketika seluruh pekerjaan pengembangan hampir selesai , tim proyek merekomendasikan kepada manajer agar dilaksanakancut over (dalam memo atau laporan lisan)

9. Menyetujui atau menolak masuk ke sistem baru;
Manajer dan SC MIS menelaah status proyek dan menyetujui atau menolak rekomendasi tersebut. Bila manajemen menyetujui maka manajemen menentukan tanggalc ut ov e r. Namun, bila manajemen menolak maka manajemen menentukan tindakan yang harus diambil dan tugas yang harus diselesaikan sebelumc ut ov e r akan dipertimbangkan kembali, kemudian manajemen menjadualkan tanggal baru.



10. Masuk ke sistem baru.
Ada 4 pendekatan dasar (cutover), yaitu :
  • Percontohan (pilot) yaitu suatu sistem percobaan yang diterapkan dalam satu subset dari keseluruhan operasi. 
  • Serent ak (immediate) merupakan pendekatan yang paling sederhana yakni beralih dari sistem lama ke sistem baru pada saat yang ditentukan. 
  • Bertahap (phased), sistem baru digunakan berdasarkan bagian perbagian pada suatu waktu. 
  • Paralel (parallel), mengharuskan sistem lama dipertahankan sampai sistem baru telah diperiksa secara menyeluruh. Akan memberikan pengamanan yang paling baik terhadap kegagalan tetapi yang paling mahal, karena kedua sumber daya harus dipertahankan.
Cutover menandakan berakhirnya bagian pengembangan dari siklus hidup sistem. Penggunaan sistem dapat dimulai sekarang.


TAHAP PENGGUNAAN
Tahap penggunaan terdiri dari 5 langkah, yaitu :
1. Menggunakan sistem
Pemakai menggunakan sistem untuk mencapai tujuan yang diidentifikasikan pada tahap  perencanaan.

2. Audit sistem
Setelah sistem baru mapan, penelitian formal dilakukan untuk menentukan seberapa baik sistem baru itu memenuhi kriteria kinerja. Studi tersebut dikenal dengan istilah penelaahan setelah penerapan (post implementation review). Hasil audit dilaporkan kepada CIO, SC MIS dan pemakai. Proses tersebut diulangi, mungkin setahun sekali, selama penggunaan sistem berlanjut.

3. Memelihara sistem
Selama manajer menggunakan sistem, berbagai modifikasi dibuat sehingga sistem terus memberikan dukungan yang diperlukan. Modifikasinya disebut pemeliharaan sistem (sistem maintenance). Pemeliharaan sistem dilaksakan untuk 3 alasan, yakni :
a. Memperbaiki kesalahan
b. Menjaga kemutakhiran sistem
c. Meningkatkan sistem

4. Menyiapkan usulan rekayasa ulang
Ketika sudah jelas bagi para pemakai dan spesialis informasi bahwa sistem tersebut tidak dapat lagi digunakan, diusulkan kepada SC MIS bahwa sistem itu perlu direkayasa ulang (reengineered). Usulan itu dapat berbentuk memo atau laporan yang mencakup dukungan untuk beralih pada suatu siklus hidup sistem baru. Dukungan tersebut mencakup penjelasan tentang kelemahan inheren sistem, statistik mengenai biaya perawatan, dan lain-lain.

5. Menyetujui atau menolak rekayasa ulang sistem
Manajer dan komite pengarah SIM mengevaluasi usulan rekayasa ulang sistem dan menentukan apakah akan memberikan persetujuan atau tidak.
1. Pada titik mana dalam SLC manajer memiliki kesempatan membuat keputusan
teruskan / hentikan?
Jawab :
Yaitu pada titik Menyetujui atau menolak proyek penelitian, yang
termasuk dalam langkah - langkah Tahap Perencanaan.

Disini Manajer dan komite pengarah menimbang pro dan kontra proyek dan rancangan sistem yang diusulkan, serta menentukan apakah perlu diteruskan keputusan teruskan / hentikan. Pertimbangan penting yang perlu dilakukan yaitu :
a. Akankah sistem yang diusulkan dapat mencapai tujuannya ?
b. Apakah penelitian proyek yang diusulkan merupakan cara terbaik untuk
melakukan analisis sistem ?
Jika keputusannya adalah teruskan maka proyek akan berlanjut ke tahap
penelitian (analisis). Namun, jika keputusannya hentikan maka semua pihak
mengalihkan perhatiannya ke masalah-masalah lain.

2. Jelaskan hubungan antara tujuan Sistem & Kriteria kinerja?
Jawab:
Tujuan Sistem ditetapkan dalam Tahap Perencanaan, Manajer dan analis
sistem mengembangkan suatu daftar tujuan sistem yang harus dipenuhi oleh
sistem untuk memuaskan pemakai. Sehingga tujuan hanya dinyatakan secara
umum, yang nantinya akan dibuat lebih spesifik.
Sedangkan Kriteria kinerja dalam Tahap Analisis, dalam Kriteria kinerja dibentuk laporan yang meliputi perbandingan pendapatan dan biaya actual dengan anggarannya baik untuk bulan lalu maupun sepanjang tahun hingga sekarang (year to date). Sehingga jika analisis dari Kriteria kinerja tidak sesuai maka tujuan system tidak akan tercapai.

SUMBER :
http://www.scribd.com/doc/28593896/SIKLUS-HIDUP-SISTEM
http://fajarmuser.wordpress.com/
http://gigihsoak.wordpress.com/2010/05/24/siklus-hidup-sistem/
widyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/…/Modul_ke_8_sim_ptik.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar