Jumat, 07 Januari 2011

ADAPUN CARA MAKAN SEHAT TSB ADALAAAAaaaaa.....hhhh :)

CARA NAKAN SEAHAT


Makan sehat bukan hanya memilih apa yang kita makan, juga cara kita makan. Ada kaitan antara tubuh dan pikiran untuk mengatur beberapa banyak makanan dapat tubuh. Dokter gizi Stephanie Vangness dari England Women’s hospital menyarankan beberapa tips cara makan agar tidak kebiasan melebihi porsi yang sehat:
1. Makan tanpa aktivitas lain, seperti nonton televisi, baca koran, membuka internet dan sebagainya. Beri waktu khusus untuk menyantap makanan.
2. Makan sambil duduk tenang, jangan sambil berdiri.
3. Makan jangan lebih dari 20 menit dan ambil porsi secukupnya.
4. Kalau bisa, makan menggunakan sumpit atau memakai tangan yang tidak dominan (kiri atau kanan untuk kidal)
Dengan cara makan ini, bisa mengurangi stress perut yang menyebabkan perut kembung, banyak gas dan makan dengan porsi yang berlebihan yang berakibat pada meningkatnya berat tubuh.
Beberapa contoh makanan sehat diantaranya:
1. Tapas ala Oriental
Tapas adalah makanan kecil ala Spanyol, dan banyak disajikan di bar-bar Spanyol di beberapa negara Inggris dan Amerika. Jenisnya sangat beragam, dan bisa dimodifikasi. Salah satunya, memadukan tapas dalam cita rasa oriental. Seperti yang dilakukan di Restoran Lounge Apresto by Crystal Jade di Pasific Place, Jakarta. Tapas dicampur dengan bahan makanan oriental, sehingga ada Tapas bertabur nori atau rumput laut dan ada pula tapas asam manis seperti makanan china.
2. Makanan cerdas ala Okinawa
Mengapa masyarakat Okinawa di Jepang bisa panjang umur? Rahasianya adalah pada makanan yang mereka makan dan cara mengkonsumsinya. Penduduk disana hanya mengkonsumsi makanan 60-90 gram sekali makan. Menggunakan beras merah dan frekuensi makannya berbeda antara laki dan perempuan. Lelaki punya pola makan 7-13 kali sehari, perempuan 7-10 kali sehari. Tidak berlebihan mengkonsumsi garam dan zat adiktif atau bumbu penyedap rasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar