Senin, 03 Januari 2011

DATABASE

PENDAHULUAN

Pemrosesan basis data dapat mempercepat pemerolehan informasi, menigkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga perusahaan memperoleh keuntungan daya saing terhadap perusahaan lain. Beberapa contoh yang dapat memberikan gambaran seberapa jauh penerapan bais data :
• Sistem perpustakaan
Mempermudah pengunjung untuk mencari informasi mengenai buku yang dibutuhkan, sehingga meringankan petugas perpustakaan dalam melayani pengunjung.

• Sistem perbankan
Mempermudah nasabah dalam bertransaksi seperti menabung, menarik uang dari cabang manapun saja.

Sebelum masalah basis data dibahas maka istilah data dan informasi harus dimengerti terlebih dahulu, karena sering kali kedua istilah ini dipertukarkan atau dianggap sama.
Data adalah fakta mengenai objek, orang, dan lain – lain. Data dinyatakan dengan, nilai (angka, deretan karakter atau symbol).
Sedangkan, Informasi adalah hasil dari analisis dan sintesis terhadap data. Atau dapat dikatakan informasi adalah sebagai data yang telah diorganisasikan kedalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan seseorang.
Data -> Proses -> Informasi

Dengan adanya komputer , data dapat disimpan dalam suatu medua , yaitu hard disk dan dikemas dalam bentuk basis data sehingga lebih cepat diakses.
Contoh pemanfaatan :
*ATM : dalam basis data tersimpan data mengenai rekening , password , saldo tabungan , sehingga bisa mengambil uang kapan saja dan dimana saja.

*Toko Swalayan : dalam basis data tersimpan data mengenai barang yang dimiliki toko tersebut, harga beli dan jualnya , transaksi penjualan , stok, data pegawai dari toko tersebut , dan lain - lain.

*Perpustakaan : dalam basis data tersimpan data mengenai judul buku yang ada , data anggota perpustakaan , peminjaman, pengembalian buku, dan lain - lain.

SEJARAH DATABASE
Menurut sejarah, system pemrosesan bais data terbentuk setelah masa system pemrosesan manual dan system pemrosesan berkas.
System pemrosesan manual (berbasis kertas) merupakan bbentuk pemrosesan yang menggunakan dasar berupa setumpuk rekaman yang disimpan pada rak – rak berkas. Jika berkas – berkas tersebut diperlukan, berkas tersebut harus dicari pada rak – rak tersebut.
Sistem pemrosesan berkas mmerupakan system computer,dimana sekelompok rekaman disimpan pada sejumlah berkas secara terpisah.

Perancangan system ini didasarkan pada kebutuhan individual pengguana, bukan kebutuhan sejumlah pengguna. Sehingga setiap aplikasi menuliskan data tersendiri, alhasil ada kemungkinan data yang sama terdapat pada berkas – berkas lain yang digunakan oleh program aplikasi lain.
Konkretnya system pemrosesan berkas memiliki kekurangan dalam hal :
• Kemubajiran data
• Keterbatasan berbagai data
• Ketidak konsistenan dan kurangnya intergritas
• Ketiak luwesan

BASIS DATA
1. Pengertian Basis Data ( Database )
    Penjelasan Dari database di Inggris KESAWAN english Web:
  • Badan terorganisir informasi terkait . 
  • Database adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam komputer dengan cara yang sistematis, misalnya bahwa sebuah program komputer dapat berkonsultasi untuk menjawab pertanyaan. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan query database dikenal sebagai sistem manajemen database (DBMS). Sifat-sifat sistem database dipelajari dalam ilmu informasi. 
  • Data yang tersimpan pada file komputer atau pada CD-ROM. Sebuah database dapat berisi data bibliografi, tekstual atau numerik. Data biasanya terstruktur sehingga mereka dapat dicari dalam beberapa cara. Berbagai database dapat diakses melalui website ini. 
  • Database adalah sebuah koleksi terorganisir dari catatan informasi yang dapat diakses secara elektronik. Di Perpustakaan ini termasuk database indeks dan abstrak, kutipan database atau database dari artikel jurnal fulltext. 
  • Database adalah sebuah koleksi terorganisir dari informasi yang tersimpan pada komputer. Dengan Optix, database adalah sebuah koleksi terorganisir dokumen elektronik yang disimpan pada komputer. Database ini disusun untuk mempermudah pencarian dan pengambilan informasi yang terdapat dalam database. 
  • Database adalah kumpulan data yang terorganisasi sehingga isinya dapat dengan mudah diakses, dikelola dan diperbarui. Jenis paling umum dari database adalah basis data relasional, database tabular di mana data didefinisikan sehingga dapat direorganisasi dan diakses dalam berbagai cara yang berbeda. Sebuah basis data terdistribusi adalah salah satu yang dapat didispersikan atau direplikasi di antara berbagai titik dalam jaringan. 
  • Kumpulan informasi yang telah sistematis terorganisir untuk akses mudah dan analisa. Database biasanya yang terkomputerisasi. 
  • Kumpulan informasi disusun menjadi catatan individu yang akan dicari oleh komputer. 
  • Setiap koleksi terorganisir informasi; mungkin kertas atau elektronik. 
  • kumpulan standar informasi dalam format komputer, dicari oleh berbagai parameter; di perpustakaan sering merujuk pada katalog elektronik dan indeks. 
  • Sebuah kumpulan catatan elektronik memiliki format standar dan menggunakan perangkat lunak khusus untuk mengakses komputer. 
  • Kumpulan informasi yang terorganisasi dan disajikan untuk melayani tujuan tertentu. Sebuah database yang terkomputerisasi adalah file, diperbarui terorganisir informasi mesin yang dapat dibaca yang cepat dicari dan diambil oleh komputer. 
  • Satu set data yang terstruktur dan terorganisir untuk akses cepat ke informasi tertentu. 
  • Salah satu dari berbagai macam repositori (sering komputerisasi) untuk observasi dan informasi yang berkaitan tentang sekelompok pasien (misalnya, laki-laki dewasa yang tinggal di Göteborg) atau penyakit atau intervensi (misalnya, obat terapi) atau acara lainnya atau karakteristik. Tergantung pada kriteria untuk dimasukkan dalam database, pengamatan mungkin memiliki kontrol. ... 
  • "Sebuah koleksi terorganisir dari informasi, data, atau kutipan yang disimpan dalam format elektronik yang dapat mencari informasi tertentu atau catatan dengan teknik khusus untuk setiap database." -Dari University of Texas, San Antonio Perpustakaan: Perpustakaan Perpustakaan Lingo. Database termasuk Akademik Cari Elite dan Lexis Nexis. 
  • Kumpulan data: nomor bagian, kode produk, informasi pelanggan, dllBiasanya merujuk pada data yang terorganisir dan disimpan pada komputer yang dapat dicari dan diambil oleh program komputer. 
  • kumpulan catatan elektronik terkait dalam format standar, dicari dalam berbagai cara, seperti judul, penulis, subjek, dan kata kunci. Contoh umum adalah indeks database katalog perpustakaan dan kutipan. 
  • Kumpulan data yang terorganisasi sehingga berbagai program dapat mengakses dan memperbarui informasi. 
  • kumpulan data yang terorganisasi sehingga isinya dapat dengan mudah diakses, dikelola, dan diperbaharui.
  •  Sebuah badan informasi dalam bentuk mesin yang dapat dibaca yang dicari pada sebuah terminal komputer. Rekaman untuk bahan yang dimiliki oleh Perpustakaan terdiri dari ASU ASU Katalog Online Perpustakaan database. 
  • Sebuah koleksi terorganisir dari informasi dalam format komputer. Database dapat terdiri dari berbagai jenis informasi, termasuk teks, data numerik, atau gambar. Di Perpustakaan CWU, database ers yang paling sering ref untuk indeks komputerisasi buku, majalah, jurnal, dan surat kabar. Untuk daftar lengkap dari database informasi elektronik yang tersedia di Perpustakaan, lihat Page Database. 
  • Sebuah koleksi terorganisir dari catatan yang disajikan dalam format standar pencarian oleh komputer. WebPals, ID Weeks Katalog Online Perpustakaan, adalah database. Indeks berkala tersedia melalui perpustakaan juga database.
  •  Kumpulan data yang terorganisir untuk pencarian cepat dan pengambilan oleh komputer. 
  • Database adalah kumpulan informasi yang dikategorikan oleh bidang tertentu.Database biasanya dicari oleh kata kunci. 
  • Kumpulan informasi yang terorganisir dalam cara yang memungkinkan pemilihan cepat, menyortir, dan reorganisasi data. 
  • Kumpulan data yang berhubungan yang disimpan dalam satu atau lebih file komputerisasi dengan cara yang dapat diakses oleh pengguna atau program komputer melalui sebuah sistem manajemen database. 
  • Kumpulan logis informasi saling terkait, dikelola dan disimpan sebagai satu unit, biasanya pada beberapa bentuk sistem penyimpanan massal seperti magnetic tape atau disk. Database GIS meliputi data tentang lokasi spasial dan bentuk fitur geografis dicatat sebagai titik, garis, area, piksel, sel-sel grid, atau kaleng, serta atribut mereka.

HIERARKI DATA DALAM DATABASE
  1. Database merupakan kumpulan file yang saling terkait satu sama lain. 
  2. File yaitu kumpulan dari record yang saling terkait dan memiliki format field yang sama dan sejenis. 
  3. Record yaitu kumpulan field yang menggambarkan suatu unit data individu tertentu. 
  4. Field yaitu atribut dari record yang menunjukkan suatu item dari data. 
  5. Byte yaitu atribut dari field yang berupa huruf yang membentuk nilai dari sebuah field. Huruf tersebut dapat berupa numerik, abjad, atau karakter khusus. 
  6. Bit yaitu bagian terkecil dari data keseluruhan , yaitu berupa karakter ASCII nol atau satu yang merupakan komponen pembentuk byte.
Sistem Manajemen Basis Data ( SMBD )
Menurut Date, Sistem Manajemen Basis Data adalah sistem terkomputerisasi yang tujuan utamanya adalah memelihara informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.
RDBMS ( Relational Database Management System ) , dimana data disimpan dalam bentuk tabel – tabel yang saling relasional.

Tiga bagian Relational Database Management System ( RDBMS ) adalah :
  1. Data definition , mendefinisikan jenis data yang akan dibuat ( seperti berupa angka / huruf, cara relasi data , validasi data ,dan lain sebagainya).
  2. Data manipulation , data yang telah dibuat dan difenisikan tersebut akan dilakukan beberapa pengerjaan , seperti menyaring data , melakukan query, dan lain sebagaianya
  3. Data control , bagian ini mengenai cara mengendalikan data atau mengatur sekuritas basis data , seperti siapa saja yang melihat isi data, bagaimana data digunakan banyak user.
MySQL
MySQL merupakan salah satu perangkat lunak sistem manajemen basis data (database management system) atau DBMS yang menggunakan perintah standar SQL (Structured Query Language). Dimana MySQL mampu untuk melakukan banyak eksekusi perintah query dalam satu permintaan (multithread), baik itu menerima dan mengirimkan data. MySQL juga multi-user dalam arti dapat dipergunakan oleh banyak pengguna dalam waktu bersamaan. Dengan sekitar enam juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia dalam perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public Lisence (GPL) dan juga menjual dalam lisensi komersial untuk keperluan jika penggunanya tidak cocok menggunakan lisensi GPL.

Penggunaan MySQL yang merupakan sebuah database server sekaligus dapat sebagai client, dan dapat berjalan di multi-OS (operating system) memiliki keunggulan lainnya (Nugroho,2005:4) seperti : OpenSource sehingga penggunanya tidak perlu membayar lisensi kepada pembuatnya. Dapat mendukung database dengan kapasitas yang sangat besar. Merupakan database management system (DBMS) yang mudah digunakan. Didukung oleh driver ODBC, sehingga database MySQL dapat diakses olek aplikasi apa saja. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mengakses MySQL diantaranya adalah dengan C, C++, Java, Perl, PHP, Phyton, dan APIs. (MySQL Internals Manual, 2007).

Menjalankan mySQL
Cara 1 : 
  • Pilih folder AppServ >> mySQL >> bin , kemudian klik 2 kali pada file mysql. 
  • Disinilah mulai dapat dilakukan penulisan perintah-perintah SQL . Setiap akhir perintah SQL biasanya diakhiri dengan simbol titik koma (;). 
  • Database yang anda buat akan tersimpan di folder AppServ >> mysql >> data 
  • Untuk keluar dari mySQL , ketik quit pada prompt lalu Enter atau klik Close.
Cara 2 :
  • Jalankan localhost sehingga muncul tampilan AppServOpen Project 
  • Klik phpMyAdmin Database Manager 
  • Disinilah Anda dapat memanipulasi data Anda dengan lebih mudah dan cepat tanpa menuliskan perintah-perintah SQL.
Cara 3 via Linux :
  • Untuk menjalankan Apache with SSL, MySQL, dan ProFTPD. Digunakan operator /opt/lampp/lampp start.
  • Jika anda tidak dalam mode root , anda bisa memasuki root dengan perintah : su root 
  • Kemudian masuk ke firefox / browser dengan mengetik : http://localhost/xampp/ 
  • New tab ( ctrl + t ) ketik : http://localhost/phpmyadmin. 
  • Buatlah database anda.

Mengenal SQL pada mySQL.
1. Membuat Database
Sebelum membuat tabel ataupun memasukkan data terlebih dahulu membuat
databasenya.
Create Database nama_database;
Contoh 1 :
Ketikkan perintah di bawah ini pada prompt mySQL.
Create database pmb;

2. Membuka Database
Bila ingin membuat suatu tabel atau melakukan operasi pada suatu database ,
terlebih dahulu harus membuka database tersebut.
Use nama_database;

Setelah perintah USE dijalankan maka akan muncul tulisan database changed yang berarti Anda sudah masuk dalam database tersebut.
Contoh 2 :
Ketikkan perintah di bawah ini pada prompt my SQL.
Use pmb;

3. Membuat Tabel
Setelah database terbentuk dan telah terbuka , maka selanjutnya membuat tabel
untuk menyimpan data.
Create table nama_tabel (nama_field1 tipe_data1 , nama_field2 tipe_data2 , .. );
Contoh 3:
Ketikkan perintah di bawah ini pada prompt mySQL.
Create table cmahasiswa ( no_dftr int (6) not null auto_increment,
nama varchar (25) , tgllhr date , alamat varchar (25) , kota varchar
(25) , telepon varchar (15) , nilaiijz float (5,2) , pilihan varchar (25) ,
sumbangan int (8) , primary key (no_dftr));

4. Menampilkan struktur tabel.
Perintah ini untuk melihat struktur dari suatu tabel, seperti field , tipe datanya :
Desc nama_tabel;
Contoh 4 :
Ketikkan perintah dibawah ini pada prompt my SQL.
Desc cmahasiswa;

5. Menambah Field / Kolom pada Tabel
Perintah ini untuk menambah field/kolom dari suatu tabel :
Alter Table nama_tabel Add nama_tipe_data
Contoh 5 :
Ketikkan perintah dibawah ini pada prompt mySQL.
Alter table cmahasiswa add nilaites int (4);

6. Memasukkan data ke tabel.
Insert into nama_tabel (field1 , field2,...) Values (nilai_field1, nilai_field2,..) ;
Contoh 6:
Ketikkan perintah
Insert into cmahasiswa (nama, tempatlhr,..) values (‘Alda’ , ‘Semarang’,...);

7. Menampilkan data dari tabel
Perintah ini untuk melihat pada field-field tertentu dari suatu tabel.
Select field1,field2, ... From nama_tabel;

Untuk menampilkan semua kolom
Select * From nama_tabel
Contoh 7 :
Ketikkan perintah dibawah ini
Select no_dftr,nama,pilihan from cmahasiswa;

8. Menyaring hasil penampilan data dengan where
Perintah ini untuk menampilkan kriteria tertentu.
Select field1 , field2 ,... from nama_tabel where kriteria;

Operator yang dapat digunakan dalam kriteria where adalah,
=, <> , > , >= , < , <=, and , or Contoh 8 : Select nama from cmahasiswa where pilihan=’Teknik Elektro’; Select nama from cmahasiswa where sumbangan > 100000 and nilaiijz >70;

9. Menghapus data dari tabel
Delete from nama_tabel where kriteria;
Menghapus seluruh
Delete from nama_tabel;
Contoh 9 :
Delete from cmahasiswa where nama=’Alda’;

10. Mengubah data dalam tabel
Update nama_tabel set
Nama_field=bilai_baru1 , nama_field=nilai_baru2
...
Where kriteria;
Contoh 10 :
Update cmahasiswa set nama=’Alda Rohali’ where nama=’Alda’;

11. Mengurutkan data
Select field1, field2,.. from nama_tabel order by kriteria;
Mengurutkan secara descending atau ascending
Menambahkan desc atau asce
Contoh 11 :
Select * from cmahasiswa order by nilaiijz desc;

12. Mengubah nama field/kolom pada tabel
Alter table nama_tabel change nama_field_lama nama_field_baru tipe_data;
Contoh 12:
Alter table cmahasiswa change nama nama_lgkp varchar (25);

13. Mengubah tipe data field/kolom pada tabel
Alter table nama_tabel modify nama_field tipe_data_baru;
Contoh 13:
Alter table cmahasiswa modify nama_lgkp varchar (30);

14. Menghapus Field/Kolom pada tabel
Alter table nama_tabel drop nama_field;
Contoh 14:
Alter table cmahasiswa drop nilaiijz;


SUMBER :
http://www.gudangmateri.com/2010/01/cara-menggunakan-mysql-pada-database.htm

http://blog.ub.ac.id/pandalaot/2010/10/18/sebuah-rangkuman-materi-database/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar